PENDAKIAN CARSTENSZ PYRAMID

|| || ,,,,,,,, || Leave a komentar

PENDAKIAN CARSTENSZ PYRAMID

Ekspedisi dimulai dari tanggal 25 April 2011. Tim yang tergabung dari beberapa Mahasiswa Pencinta Alam  di Indonesia dan beberapa anggota BRIMOB SAT PELOPOR DETASEMEN C mulai melakukan perjalanan dari Mil 68 ke  Zebra Wall (3.500 mdpl), nama Zebra ini datang dari motif yang unik seperti kulit Zebra pada dinding batu. Motif ini tentu saja diciptakan ribuan tahun yang lalu.
           

{ Zebra wall }
Dari titik ini lalu menuju Base Camp dengan berjalan perlahan di tengah-tengah lembah di sekitarnya dinding berbatu-batu. Perjalanan cukup sulit dengan lumpur dan batu tajam sepanjang jalan. Sebelum memasuki Base Camp Area,  akan melewati 3 danau, yang biasa disebut danau 1, danau 2 dan danau 3. Danau ini adalah berasal dari hujan dan Glazer. Tentu perjalanan di sini akan lebih sulit.
Setelah tim berhasil melewati “Pintu Angin”; yang merupakan pintu gerbang untuk memasuki Base Camp Area. Angin bertiup sangat kuat di sini dan di sini langkah Anda perlu sedikit lebih cepat. Setelah itu pendaki melewati daerah datar dengan banyak danau kecil, setelah beberapa saat kemudian team  tiba di Base Camp “Lembah Danau-Danau” (4.200 mdpl).
 Dari base camp ini  kita dapat melihat Carstenz Summit, Puncak Jaya  dan Carstenz Timur. Pendaki akan berhenti dan istirahat di sini. Hari berikutnya baru melakukukan penyesuaian (aklimatisasi) dengan melakukan pendakian ke puncak Carstensz Timur.

  Kemudian kembali ke base camp dan mempersiapkan diri untuk summit attack pagi harinya. Perjalanan ke Puncak Carstensz Pyramid dimulai pada pukul 03.00 WIT. Berjalan dari base camp menuju tali pertama kemudian menaiki tebing de lembah kuning, setelah melalui pendakian yang berat dan melelahkan dengan melakukan teknik jumaring dan beberapa teknik pendakian, akhirnya tim sampai di  puncak pada pukul 12.00 WIT. Setelah melakukan pemotretan dan pendokumentasian, tim kembali menuju Base Camp.
{Puncak Carstensz Pyramid}

Hari berikutnya yaitu hari keempat tim melakukan persiapan dan perjalanan dari base camp Lembah Danau-Danau menuju mil 74 Zebra Wall, perjalanan ini melalu jalur yang sama dengan waktu awal pemberangkatan. Dari Lembah Danau-Danau menuju Zebra Wall mil 74 dan dilanjutkan menuju base camp mil 68 Pusat Perkantoran Freeport.
Ide ini dari Bapak Dondi Raharja dengan kelompok Brimolo datasemen C pelopor 11 Jakarta yang melibatkan beberapa MAPALA di Indonesia.
Oleh : RINANTO
NIA 11.28.001 MPA