|| || ,,,,, || Leave a komentar
  Menguntungkan Tapi Merugikan

GADGET……
    Zaman sekarang ini sunggug lah berbeda dengan bertahun-tahun yang lalu, yang pada zaman itu belum terjadi perkembangan yang signifikan dalam bidang elektronik, yang bahkan ketika orang tidak memiliki barang berupa elektronik pun biasa. Dulu telephon genggam masih berbentuk kotak, besar, antep yang bahkan untuk melempar anjing saja bisa langsung pingsan. Keadaan seperti itu sudah beda ceritanya di zaman sekarang, mungkin masih ada beberapa orang yang memiliki bentuk hp seperti itu dan orang itu orang yang sangat jadul karena tidak mengikuti perkembangan zaman. Hal seperti itu berbeda 360 derajat keadaanya , yang pada saat ini perkembangan elektronik sangat maju pesat. Gadget-gadget yang dilengkapi dengan fitur, aplikasi terbaik muncul tiap tahunnya atau bahkan tidak perlu menunggu tiap tahun tapi dengan cepat tanpa hitungan tahun pun kita sudah bisa dengan gampangnya menemukan gadget yang lebih lengkap dari keluaran sebelumnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-harinya. Karena perkembangan teknologi modern yang dimanfaatkan untuk menciptakan gadget terupdate masa kini.
    Berbagai macam handphone dengan aplikasi yang beraneka ragam serta OS Android, simbian,windows dan lain sebagainya tidak kalah dengan versinya nya yang memiliki banyak macam jenis jelly bean, sandwich. Dengan segala kelebihan yang diciptakan oleh tangan-tangan manusia handal itu alangkah baiknya kita tidak terlena dengan semua hal itu. Kita sebagai pengguna harus sepatutnya juga memikirkan hal lain yang dapat ditimbulkan oleh kemajuaan elektronik di zaman sekarang. Yang mungkin saja hal lain itu bisa menyebabkan kerugian untuk diri kita maupun orang lain disekitar kita, kita pastinya telah tahu bagaimana bayaha dari radiasi benda elktronik yang ajaib itu. Sebagai seseorang yang kritis, kita harus melakukan penggunaan yang aman dan menjauhkan segala dampak negatif yang disebabkan dari HP yang sekarang tidak akan bisa lepas sebagai alat komunikasi praktis. Isu yang beredar belakangan ini yang merisaukan kebanyakan pengguna HP adalah Kanker Otak yang disebabkan pancaran radiasinya itu. Meskipun belum terbukti keabsahan berita tersebut kita harus jauh lebih bijaksana. Di luar sana, ada yang berpendapat bahwa radiasi Hp tidak berbahaya ada juga yang menyatakan berbahaya seperti menurut World Health Organization (WHO) mengungkapkan radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Penelitian dilakukan oleh tim yang terdiri dari 31 ilmuwan dari 14 negara, termasuk Amerika Serikat, menemukan cukup bukti untuk mengkategorikan radiasi ponsel sebagai sejenis zat berbahaya bagi manusia. Berkomunikasi melalui telepon lebih dari 15 menit tanpa menggunakan headhone dapat meningkatkan resiko kanker otak. Oleh karena itu, gunakanlah alat bantu ketika hendak menelepon dalam waktu yang cukup lama Mereka menemukan bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel..Segala hal yang menyerang otak pusat dari segala aktivitas pasti akan berdampak buruk bagi hidup setiap manusia. Ketika otak kita tidak bisa berfungsi normal secara otomatis hidup kita juga akan terganggu dan tidak seimbang.
    Seperti yang telah dikatakan WHO diatas, mari kita lebih mengenali tentang kanker otak akustik atau Neuroma akustik adalah berasal dari sel schwan yang berada di dalam serabut saraf vestibularis dan pertumbuhannya lambat sehingga banyak penderita hanya sedikit sekali yang mengalami gangguan keseimbangan atau vertigo. Setelah  tumor tumbuh cukup besar untuk mengisi kanalis auditorius interna, maka tumor akan tumbuh terus biasanya menuju kearah medial yakni rongga cerebellopatine angine dan bentuk tumor saat ini mencapai rongga ini adalah speris.
Neuroma akustik (acoustic neuroma) adalah tumor non-kanker (jinak) yang berkembang pada saraf utama yang menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak.Karena saraf tersebut secara langsung mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran, tekanan akibat neuroma akustik menyebabkan gangguan pendengaran, dering di telinga, dan gangguan keseimbangan.Juga dikenal sebagai vestibular schwannoma, neuroma akustik dikenal menyebabkan gangguan pendengaran.Neuroma akustik biasanya tumbuh lambat atau tidak tumbuh sama sekali, tetapi dalam beberapa kasus mungkin tumbuh pesat sehingga menekan otak dan mengganggu berbagai fungsi vital.
    Nah, ketika kita sudah mengerti dan memahami tentang bagaimana dampak radiasi HP yang meskipun belum dapat dibuktikan secara jelas lebih baik kita mulai dari sekarang mengantisipasi sambil menunggu hasil penelitian yang lebih jelas, semua pihak setuju bahwa pembatasan penggunaan telepon genggam perlu dilakukan. Ingat, dampak yang ditimbulkan bukan hanya sebatas Kanker otak tapi juga dampak-dampak lainnya yang kita pandang sebelah mata saja tanpa menghiraukan akibatnya.

Sumber   : Tri Warnani
Editor      : 13.30.006