|| || || Leave a komentar
BANJIR
Description: G:\100_1760.JPGSalah satu planet dalam system tata surya yang mempunyai kandungan air yang cukup banyak adalah bumi. Kira-kitra ¾ bagian dari permukaan bumi tertutup oleh lapisan air baik diratan, lautan maupun udara. Akan tetapi, air yang mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan, karena penggunaannya yang berlebihan tanpa memikirkan hari esok sekaran ketersediaannya air di bumi kita semakin hari semakin terbatas. Apalagi dengan di iringi laju pertumbuhan penduduk yang tinggi dan pencemaran lingkungan.
Rounded Rectangle: Sumber : Arsip MalimpaBanyak dijumpai masalah-masalah yang mengenai tentang air, pada musim hujan banyak bencana banjir yang melanda dibeberapa daerah dan ketika musim kemarau  mengalami kelangkaan air bersih yang sering kali mewarnaai pemberitaan dimedia masa, baik cetak maupun elektronik. Saat musim penghujan banjir dimana-mana sampai merusak bangunan dan rumah-rumah rakyat sampai yang mengharukan memakan banyak korban, sedangkan pada musim kemarau melanda banyak dijumpai sumur yang kering dan deretan orang yang mengantre untuk mendapatkan air bersih. Kelangkaan air bersih merupakan masalah yang perlu segera ditanggulangi. Untuk itu perlu diadakannya cara alternative untuk menangani masalah tersebut.
Rounded Rectangle: Sumber : Arsip MALIMPAZaman moderen ini banyak sekali ditemukan penanganan dalam masalah air mulai dari yang mudah yaitu pembuatan lupang resapan biopori  yaitu dengan cara melubangi tanah dengan diameter 10 sampai 30 cm dengan panjang 30 sampai 100 cm kemudian ditutupi sampah organik yang berfungsi untuk menjebak air yang mengalir di sekitarnya sehingga dapat menjadi sumber cadangan air bagi air bawah tanah, dan tumbuhan di sekitarnya. Serta dapat juga membantu pelapukan sampah organik menjadi kompos yang bisa dipakai untuk pupuk, selain itu pembuatan lubang resapan biopori yang sangat mudah hanya menggunakan alat bor saja. Solusi yang lain adalah  pembuatan sumur resapan akan tetapi dalam pembuatan sumur resapan banyak memakan biaya karena membutuh tenaga dari tenaga kerja dengan kedalaman tanah minimum 1,50 meter bisa menyerap air berkiasaran antara 2,0-3,6 cm/jam dengan permeabilitas tanah ( geluh kelanauan ) sedang, jika dengan permeabilitas tanah agak cepat ( pasir kasar ) yaitu  lebih Rounded Rectangle: Sumber : Arsip MALIMPADescription: F:\umum\fk3i\BULE ON THE BLAD\100_1509.jpgdari 36 cm/jam. Pembutan sumur resapan sangat baik sekali di terapkan pada daerah perkotaan seperti disekitar  wilayah Jakarta hal itu dikarenakan banyak lahan yang digunakan sebagai paru-paru bumi yang dialih fungsikan dengan pembangunan gedung-gedung bertingkat sehingga tanah yang ada disekiar sana tidak memiliki daya serap air yang baik sehingga memicu  terjadinya banjir. Marilah kita lestrikan lingkungan dari bahaya banjir dan kawan-kawannya mulai dari sekarang dengan membuat lubang resapan biopori / sumur resapan dan menanam pohon, karena tanpa dari sentuhan tangan kita yang peduli akan lingkungan tidak dapat mengubah apapun dari masalah lingkungan hidup.
                                                                                                            NIA 12.29.006 MPA

Daftar pustaka :