Kado Kecil untuk MALIMPA dan LINGKUNGAN

|| || ,,,,,,,, || Leave a komentar

Kado Kecil untuk MALIMPA dan LINGKUNGAN

Dengan melihat kondisi lingkungan yang sekarang iki semakin tercemari oleh limbah-limbah yang disebabkan oleh manusia, anggota MALIMPA mengadakan beberapa rentetan acara yang cukup besar untuk memperingati hari jadi MALIMPA yang ke-34 tahun. Acara yang dilakukan bernuansa tentang alam, sesuai dengan kehidupan dimana kita berpijak. Dengan kegiatan ini nanti, diharapkan anggota MALIMPA dan semua manusia yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini maupun masyarakat luas dapat lebih peduli dengan lingkungan alam. MALIMPA membuat 3acara yang dilaksanakan dalam 1 bulan, yaitu MILAD KE-34 MALIMPA, SEMINAR NASIONAL dan LOMBA FOTOGRAFI.
Kegiatan yang pertama adalah LOMBA FOTOGRAFI yang dilakukan pendaftaran dan pengumpulan foto pada hari Selasa, 21 Mei 2013 dengan tema “ Pencemaran Lingkungan”. Dari 11 peserta yang daftar dan tiap peserta mengirimkan lebih dari 2 foto, hanya 3 yang menjadi pemenang yaitu juara 1 adalah Andy Achmad Romadhoni dari Semarang , juara 2 adalah Apris Nur Rakhmadani dari purwokerto , juara 3 adalah, Apris Nur Rakhmadani dari purwokerto juga dari hasil foto pemenang-pemenang itu, dipulikasikan pada MILAD MALIMPA yang ke-34 tahun.
Kegiatan yang kedua adalah Seminar Nasional dengan TEMA “PENEGAKAN HUKUM LINGKUNGAN : ANTARA ATURAN DAN KEBIJAKAN”. Kegiatan seminar ini dilakukan pada hari Rabu, tanggal 22 Mei 2013 di Auditorium Muhammad Djazman-UMS. Dengan 3 pembicara, yaitu : (1) Bapak H.Ibnu Multazam dari DPR RI KOMISI IV yang kebetulan juga beliau alumni UMS juga, beliau membahas tentang “Aturan dan Kebijakan pemerintah dengan adanya AMDAL secara transparansi, yaitu  aturan dan kebijakan seperti apa yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam meminimalisir pencemaran lingkungan”. (2) Ibu Dr. I Gusti Ayu K R H, SH, MM dari dosen Fak.Hukum UNS, beliau membahas tentang “Pandangan dari Sudut Pandang Akademik dan Tinjauan Hukum Lingkungan mengenai AMDAL yang sudah diberlakukan oleh pemerintah disekitar kita”. (3) Bapak Istianto, SS dari LSM Hijau Bumi Manusia, beliau membahas tentang “Pandangan Masyarakat mengenai AMDAL yang sudah diberilakukan oleh pemerintah, pandangan masyarakat dengan terjadinya pencemaran lingkungan”. Untuk pesertanya pun bersifat nasional dan umum dari kalangan OPA, SISPALA, MAPALA, DINAS, dan masyarakat sekitar.

Kegiatan yang ketiga adalah MILAD MALIMPA yang ke-34 tahun, dimana kita sebagai anggota MALIMPA mengadakan malam tasyakuran untuk memperingati hari jadi organisasi kita ini pada hari Jum’at, 24 Mei 2013 yang dihadiri oleh MAPALA se-Surakarta, jogja dan semarang, MAPALA PTM, dan SISPALA, SAR, dan Dinas yang berhubungan dengan MALIMPA. Diacara malam tasyakuran itu mengambil tema “ Lintas Generasi Menggapai Asa, Limitless Journey” dengan mengadakan pameran foto hasil lomba foto yang dilakukan beberapa hari sebelum kegiatan dan menyuguhkan penampilan lucu dari teman-teman PPL-IAIN Surakarta. Suasana yang meriah dan hangat itu berjalan dengan lancar di dalam GOR kampus 2 UMS.
Dengan adanya ke-3 kegiatan itu, MALIMPA mengharapkan bertambahnya kesadaran anggota MALIMPA dan semua orang yang mengikuti acara maupun yang membaca tulisan ini lebih peduli akan lingkungan sekitar. Peduli dan sadar untuk tidak menambahi pencemaran lingkungan ini dengan tingkah laku kita yang merugikan lingkungan. Bagi yang ingin lebih tahu tentang pembahasan dalam seminar nasional yang diadakan MALIMPA bisa datang ke MALIMPA.
Oleh : Novia_Suwastika
NIA 11.28.003 MPA