Akhlak terhadap Alam

|| || ,,,,,, || Leave a komentar

Akhlak terhadap Alam
            Yang di maksud dengan alam di sini adalah alam semesta yang mengitari kehidupan manusia, yang mencakup tumbuhan, hewan, udara, sungai, laut dan sebagainya. Kehidupan manusia memerlukan lingkungan yang bersih, tertib, sehat, dan seimbang.
Akhlak terhadap alam itu sendiri adalah pemanfaatkan potensi alam untuk kepentingan hidup manusia. Namun yang harus di ingat bahwa potensi alam terbatas dan umur manusia lebih panjang. Oleh sebab itu pelestarian dan pengembangan potensi alam harus di upayakan sepanjang mungkin, dengan cara memanfaatkan sebaik-baiknya potensi alam yang ada dan tidak berlebihan, agar tidak berakibat buruk bagi alam itu sendiri. Menjaga kebersihan lingkungan dan keindahannya sangat di anjurkan, sebab hal itu akan membawa pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan. Kerbesihan lingkungan yang terjaga akan membuat kesehatan lebih terjamin sehingga hidup akan lebih bergairah.
Akhlak yang baik terhadap alam dapat mengurangi bencana alam yang setiap saat menimpa kehidupan manusia. Bila musim hujan tiba sering terjadi banjir dan tanah longsor. Sedangkan pada musim kemarau seering terjadi kebakaran. Bencana ini terjadi karna ulah manusia itu sendiri yang tidak memperhatikan keserasian lingkungan. Oleh karna itu pentingnya kita berakhlak terhadap alam agar kita memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan, contoh membuang sampah pada tempatnya agar tidak terjadi banjir, menjaga kelestarian lingkungan agar tidak terjadi kebakaran hutan.

Oleh : Kharisma Setiawan Choiri
Kesehatan Masyarakat ( c )
J410110083