Arung Jeram di Awal Tahun 2014

|| || ,,,,,,,,, || Leave a komentar
Di awal tahun 2014, MALIMPA – UMS yang merupakan salah satu kelompok pecinta alam yang berada di Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan kegiatan arung jeram di sungai Elo, Magelang Jawa tengah yang di ikuti oleh beberapa anggota Antara lain Pradito”keceng”, Arif “cacing”, Mariska “barong”, Aci, Didik “Rocker, Faisal “dongong”’, Hendra “cempreng” sedangkan anggota mudanya febri “weksor”, Siti “keple”, Adi “Sota”, serta tiga teman dari anggota lain.

Sebelum pengarungan, kami melakukan pemanasan terlebih dahulu dan memberi pengertian kepada anggota tentang peralatan yang digunakan, teknik pengarungan, self rescue, dan lain – lain. Hal ini dimaksudnya agar anggota yang belum pernah melakukan arung jeram mengetahui materi dasar khususnya anggota muda MALIMPA.

Pengarungan dibagi dalam dua trip, masing – masing trip memerlukan waktu sekitar 3 jam dan terdiri dari 2 orang skiper.

Sebelum pengarungan dimulai, anggota melakukan renang jeram dulu di area start pengarungan dengan grid yang tidak terlalu besar. Dilanjutkan dengan melakukan teknik pendayungan pada upstream, dan memotong arus. Setelah dirasa cukup memahami teknik pendayungan, anggota melakukan pengarungan sungai Elo yang sebenarnya. ditengah perjalanan kami menyempatkan diri untuk sejenak melepas lelah di rest area agar tenaga dapat kembali pulih. Meskipun debit air sungai elo yang cukup kecil masih ada beberapa jeram yang membayar rasa lelah kami.

Trip kedua dilanjutkan setelah waktu dhuhur dengan jumlah anggota yang berbeda, pengarungan yang kedua ini sifatnya lebih fun akan tetapi tetap menjalankan safety procedure. Anggota yang masuk dalam pengarungan trip kedua sudah sering melakukan pengarungan. Di tengah pengarungan tepatnya di jeram botol, anggota melakukan teknik flip – flop, karena kejadian yang seperti ini kemungkinan dialami oleh para rafter.

Pengalaman yang cukup berkesan dirasakan oleh anggota kami khususnya anggota muda awal tahun - awal pengarungan. Karena sesekali perahu yang kami tumpangi wrap(tersangkut di bebatuan).

Melalui kegiatan ini para anggota muda menjadi lebih paham dan mengerti tentang susah dan senangnya melakukan pengarungan sungai yang memiliki jeram. Sebuah pelajaran yang dapat diambil dari perjalanan ini adalah tanpa ada kekompakan yang kuat, pengarungan untuk mencapai tujuan yang sama akan sulit didapatkan.

Peralatan yang digunakan :

    Perahu karet
    Pompa tangan
    Helm
    Pelampung
    Dayung
    Throwing bag
    Dry bag

Informasi :

tarif Solo – Magelang Rp. 18.000,

tarif sewa perahu di Elo Rp. 350.000,-

tarif sewa angkot per trip  Rp. 90.000,- PP

tarif sewa base camp Rp. 100.000,-

tarif portal start & finish Rp. 10.000,-